Kamis, 24 Agustus 2017

Andai aku menjadi SOEKARNO

Andai aku menjadi SOEKARNO

Dalam perjalananya menuju kemerdekaan, Indonesia memiliki sejumlah tokoh pergerakan nasional yang sangat berperan dalam mewujudkan cita-cita bangsa yaitu kemerdekaan, sebut saja KH Ahmad Dahlan, KH Hasyim Asyari, Bung Hatta, Tan Malaka,Ki Hajar Dewantara, KH Agus Salim, Buya Hamka, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Diantara tokoh-tokoh tersebut terdapat satu tokoh yang paling berpengaruh dan mempunyai peranan penting bagi perjuangan bangsa Indonesia,yang mana jika saya diperintahkan untuk memilih tokoh yang mana diantara tokoh-tokoh yang lainnya saya akan memilih tokoh tersebut, yaitu SOEKARNO, beliaulah presiden pertama republic kita ini, beliaulah yang memproklamasikan kemerdekaan bangsa ini, dan beliaulah yang berhasil membuat para penjajah Belanda itu tak berkutik ketika ia berorasi.

Alasan saya memilih soekarno adalah karena melihat dari pengaruhnya yang sangat kuat terhadap rakyat Indonesia, beliau menggunakan kemampuan berorasinya untuk mempengarugi serta menyadarkan rakyat Indonesia bahwa kita adalah tuan rumah di tanah sendiri, sehingga rakyat Indonesia tergerak hatinya untuk menumpas penjajahan yang dilakukan Belanda serta Jepang guna merebut kemerdekaan yang abadi.

Kemudian alasan saya selanjutnya adalah cara atau gaya kepemimipinan Soekarno yang sangat menunjukkan jati diri bangsa Indonesia, cara memimpin seperti Soekarno-lah yang seharusnya dimiliki oleh para pejabat ataupun pemimpin bangsa saat ini, karakter kepemimpinan beliau seperti tegas, cerdas tidak takut serta tidak mau berkompromi dengan asing khususnya Amerika, selalu membela kepentingan rakyat, jujur, memuliakan serta menghormati ulama, merakyat dan karakter-karakter kepemimpinan Sokarno lainya yang harusnya dimiliki oleh tiap-tiap insan yang memimpin negeri ini.


Lalu alasan terakhir saya adalah melihat dari  kemampuan intelektualnya yang sangat baik, hal ini dapat dilihat ketika beliau lulus dari  Technische Hoogeschool te Bandoeng yang mana dulunya merupakan salah satu kampus yang bergengsi di kalangan remaja, lalu hal inidapat di buktikan pula dengan ia lebih memilih untuk memperjuangkan kemerdekaan rakyat Indonesia ketimbang bekerja sebagai insinyur, yang mana kita ketahui perjuangan kemerdekaan sangatlah berat, bolak-balik masuk penjara, dibuang diasingkan, diincar penjajah Belanda,dll. Jika saja Soekarno menerima tawaran pekerjaan sebagai insinyur yang ditawarkan oleh Belanda dengan segala fasilitas yang super lengkap, mungkin Indonesia tidak menjadi seperti sekarang ini.

 

Kemudian apa yang akan saya lakukan jika saya menjadi Soekarno pada waktu itu (pada zaman penjajahan), yang akan saya lakukan sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan apa yang sebenarnya Soekarno lakukan pada zamanya, namun saya akan lebih menekankan kepada menyingkirkan pengaruh paham komunis yang ada di Indonesia, yang mana ketika zaman Soekarno berkuasa, paham komunis dibiarkan begitu saja, malah cenderung didukung, hal itu juga yang membuat rakyat tidak puas dan kecewa terhadap Soekarno sehingga dengan superemar Soekarno akhirnya diturunkan dari jabatanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar